Pengertian Internet
Perkembangan internet saat
ini memang sangat pesat Secara harfiah, internet (kependekan dari
interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam
beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer
umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol
pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet
yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah
ini dinamakan internetworking.
Internet adalah sebuah sistem jaringan komputer global
yang saling berhubungan yang menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP /
IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Ini adalah jaringan dari
jaringan yang terdiri dari jutaan usaha swasta, masyarakat, akademis, dan
pemerintah lokal untuk jaringan lingkup global yang dihubungkan oleh
serangkaian luas teknologi jaringan elektronik dan optik. Internet membawa
array yang luas dari sumber informasi dan jasa, terutama dokumen-dokumen
hypertext antar-link dari World Wide Web (WWW) dan infrastruktur untuk
mendukung surat elektronik.
Kebanyakan media komunikasi tradisional, seperti
telepon dan televisi, mengubah bentuk maupun didefinisikan ulang dengan
menggunakan teknologi Internet, sehingga menimbulkan berbagai layanan seperti
Voice over Internet Protocol (VoIP) dan IPTV. Penerbitan surat kabar telah
mengubah wajah ke situs Web, blog, dan web feed. Internet telah diaktifkan atau
mempercepat penciptaan bentuk-bentuk baru interaksi manusia melalui pesan
instan, Internet forum, dan situs jaringan sosial.Asal-usul Internet mencapai
kembali ke penelitian pada tahun 1960-an, baik ditugaskan oleh pemerintah
Amerika Serikat untuk mengembangkan proyek-proyek dari badan-badan militer
untuk membangun kuat, kesalahan-toleran, dan jaringan komputer terdistribusi
serta penelitian swasta. Penelitian ini dan periode pendanaan sipil tulang
punggung US baru oleh National Science Foundation, serta pendanaan swasta untuk
tulang punggung komersial melahirkan partisipasi seluruh dunia dalam
pengembangan teknologi jaringan baru dan menyebabkan banyak penggabungan
jaringan. Komersialisasi jaringan internasional di pertengahan tahun 1990-an,
mengakibatkan mempopulerkan berikut aplikasi yang tak terhitung jumlahnya di
hampir setiap aspek kehidupan manusia modern. Pada 2009, sebuah kuartal
diperkirakan penduduk bumi menggunakan layanan dari Internet.
Secara logis jaringan internet dibagi kedalam beberapa
domain, yang menurut standar IPv4 (Internet Protocol version 4) di-identifikasi
melalui nomer IP 32 bit atau 4 angka biner yang dipisahkan dengan titik
(seperti 192.168.10.25).
Tipe domain standar antara lain:
- .com = organisasi komersil
- .edu = institusi pendidikan di Amerika
- .ac = institusi akademik
- .gov = institusi pemerintah
- .mil = organisasi militer
- .net = penyedia akses jaringan
- .org = organisasi non-profit
Disamping itu domain juga
dibagi berdasarkan negara, misalnya:
- .au = Australia
- .ca = Kanada
- .id = Indonesia
- .jp = Jepang
- .my = Malaysia
- .sw = Swedia
- .th = Thailand
Beberapa hal yang
berhubungan dengan internet adalah :
- WWW
- HTTP
- URL
WWW (World Wide Web) merupakan bagian dari internet
yang cepat berkembang dan paling populer. WWW merupakan jaringan beribu-ribu
komputer yang dikategorikan menjadi dua yaitu : client dan server. Dua hal
yang perlu diperhatikan adalah software web server dan software web browser.
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang menentukan aturan yang
perlu diikuti oleh web browser dan web server. HTTP merupakan protokol standar
yang digunakan dalam mengakses dokumen HTML. URL (Uniform Resource Locator)
adalah suatu sarana untuk menentukan informasi pada suatu web server. URL dapat
diibaratkan sebagai suatu alamat. URL terdiri dari :
- Protokol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
- Nama komputer (server) dimana informasi tersebut berada.
- Jalur atau path serta nama file dari suatu informasi.
Contoh URL : http://www.detiksport.com/sepakbola/index.php
- http adalah protokol yang digunakan
- www.detiksport.com adalah nama host atau server komputer dimana informasi yang dicari berada
- sepakbola adalah jalur atau path dari informasi yang dicari.
- index.php adalah nama file dimana informasi tersebut berada.
Internet tidak memiliki sentralisasi pemerintahan baik
dalam implementasi teknologi atau kebijakan untuk akses dan penggunaan; setiap
jaringan konstituen menetapkan standar sendiri. Hanya melampaui batas definisi
dari dua ruang nama utama di Internet, alamat Internet Protocol ruang dan
Domain Name System, yang diarahkan oleh organisasi pengelola, Internet
Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Dasar teknis dan
standardisasi protokol inti (IPv4 dan IPv6) adalah kegiatan Internet
Engineering Task Force (IETF), sebuah organisasi nirlaba dari peserta
internasional longgar berafiliasi bahwa siapa pun dapat mengaitkan dengan
dengan menyumbangkan keahlian teknis.
bila ditinjau dari segi
penulisannya, terdapat dua arti internet, yakni:
- Internet
Jaringan internet (huruf “i” kecil sebagai huruf awal)
adalah suatu jaringan komputer yang mana komputer-komputer terhubung dapat
berkomunikasi walaupun perangkat keras dan perangkat lunaknya berlainan (sering
kali disebut juga internet-working)
- Internet
Jaringan Internet (huruf “I” besar sebagai huruf awal)
adalah jaringan dari sekumpulan jaringan (networks of networks) yang terdiri
dari jutaan komputer yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan
suatu aturan komunikasi jaringan komputer (protokol) yang sama. Protokol yang
digunakan tersebut adalah Transmission Control Protocol/Internet Protocol
(TCP/IP). Istilah pertama (dengan huruf “i” kecil) merupakan istilah yang
digunakan pada masa awal perkembangan internet. Seiring dengan makin meluasnya
penggunaan internet, istilah kedualah (dengan huruf “I” besar) yang diterima
oleh pengguna internet. Penulisannya pun berubah. Dari menggunakan huruf “I”
besar menjadi huruf “i” kecil. Dengan adanya hubungan komunikasi lintas
jaringan pada internet, setiap komputer yang terdapat di dunia dapat terbubung
satu dengan yang lain. Hal inilah yang menyebabkan komunikasi di internet
sangat cair. Karena penggunaan internet tidak mengenal batas negara, status
ekonomi, idiologi dan faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat
komunikasi dan pertukaran informasi di dunia nyata. Dengan alasan inilah,
sebagian orang menyebut internet sebagai revolusi di bidang teknologi dan
informasi.
Sejarah Internet
sejarah internet dimulai pada 1969 ketika Departemen
Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan
untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah
computer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan
nama ARPANET.
Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil
dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan
membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan
program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail
ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukan "at" atau "pada".
tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika
Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang
ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang
sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan
sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet.
Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret
1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and
Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer
yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979,
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang
diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan
meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil
berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari
semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua
jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan
Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul
jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa
jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan
Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang
ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita
kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan
jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer
yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih. Tahun
1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC
atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari
100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang
paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser
yang bias menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang
membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui
sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk
pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus
kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Internet Saat Ini
Internet dijaga oleh perjanjian bi- atau multilateral
dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data
antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan
Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini
mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian
dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur
Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang
sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3,
IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Beberapa layanan
populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat
elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide
Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di
antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap
digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis
(Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini
(Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di
seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi
secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan
instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN
Messenger dan Windows Live Messenger. Beberapa servis Internet populer yang
berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM,
CDDB, dan Gnutella.
Budaya Internet
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin
berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh
yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin
pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses Internet yang
mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan,
Internet melambangkan penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge)
informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan Internet juga telah
mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya
hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui
pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet.
Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan
pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan
pemerintahan melalui e-government seperti di kabupaten Sragen yang mana
ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan
Internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur
birokrasi, sehingga warga di daerah terebut sangat di untungkan demikian para
pegawai negeri sipil dapat pula di tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan
daerah meningkat tajam.
Tata tertib Internet
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga
mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam
bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata
tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
Isu moral dan undang-undang
Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang
berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta,
pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah
biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki
Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000
oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi
informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999. Internet juga
disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon
Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan
semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena
ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan
dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
Akses Internet
Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk
Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar -
Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu
dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses
Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan di dukungnya Internet murah
dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang fair dalam
menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat
"perangkap jebakan" agar supaya si pengguna Internet bayar lebih
mahal sampai ber juta-juta rupiah!!, lainnya sekitar 42% dari akses Internet
melalui fasilitas Public Internet akses seperti warnet , cybercafe, hotspot
dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di
kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita
juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang
disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar
komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan
mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS
dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada
ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan.
Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang
didownload.
Tujuan Internet
Pada awalnya, internet dan
berbagai fasilitas di dalamnya memiliki tujuan sebagai berikut :
- Sebagai media melakukan transfer file
Transfer file yang dimaksud adalah untuk melakukan
akses pada server lain yang jaraknya jauh, baik secara anonymous FTP (File
Transfer Protocol) maupun yang bukan anonymous FTP.
- Sebagai sarana mengirim surat (email).
- Sebagai surat pembelajaran dan pendidikan.
- Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran.
- Melakukan mailing list, newsgroup, dan konferensi.
Mailing list atau newsgroup digunakan untuk melakukan
diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu
bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topic yang sama.
- Chating
Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk
berkomunikasi langsung melalui tulisan ataupun lisan.
- Mesin pencari (search engine)
Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang
disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan
informasi yang kita butuhkan secara cepat.
- Untuk mengirim SMS ke telepon seluler.
- Sarana entertainment dan permainan.
- Berbagi pakai file.
- Menyimpan file multimedia seperti, audio, foto, dokumen, maupun video
- Menjalin persahabatan / mencari teman baik local maupun mancanegara dengan situs jejaring sosial.
- Menyalurkan ide kreatif ide melalui blogging.
Namun lambat laun, tujuan awal dari
fasilitas-fasilitas internet tersebut telah melenceng sehingga memberikan
berbagai dampak, baik positif maupun negative bagi masyarakat, khususnya
pelajar.
Perkembangan Internet
Akhirnya, internet diharapkan dapat membantu
mempercepat perkembangan pendidikan. Pendidikan lebih maju dan berkualitas.
Pada gilirannya pendidikan dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa
yang cerdas akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Selain dari dampak positif, internet juga berdampak
negatif bagi para pelajar. Mencoba untuk melontarkan sebuah wacana dan berbagai
fakta tentang sebuah persoalan baru di kota-kota besar yang juga tidak bisa
dipandang sebelah mata. Walaupun masih berupa gejala awal, namun apabila tidak
segera diatasi tentu akan berkembang menjadi “penyakit kronis” yang makin sulit
untuk diatasi. saat ini telah terjadi pergeseran profil pengguna internet dan
juga pergeseran orientasi pemanfaatannya. Pengguna internet terbesar saat ini
adalah para pelajar SLTP diikuti oleh pelajar SLTA dan kalangan mahasiswa
justru menempati urutan ketiga (kecuali di warnet yang berdekatan dengan
kampus). Ada gejala menarik yaitu mulai maraknya pelajar SD bermain internet
dan sudah “berani” nongol diwarung internet. Para orang tua tentu saat ini
harus “rela” merogoh kocek lebih banyak untuk memenuhi keinginan anak-anaknya
untuk bermain internet baik dirumah ataupun di warnet. Harapan orang tua
tentulah ingin agar si-anak tidak ketinggalan jaman dan dengan ber-main
internet si-anak bisa bertambah pintar. Namun benarkah demikian ?
Makin meratanya pengguna internet disatu sisi memang
sangat menggembirakan, namun pergeseran orientasi penggunaan internet sudah
sangat memprihatinkan. Dalam pengamatanku, bahwa Para pelajar SLTP, SLTA dan SD
sebagian besar (>75%) menggunakan internet “hanya” untuk bermain game dan
chatting. Dan rata-rata mereka rela menghabiskan waktu 3-5 jam/ hari dengan
mengeluarkan uang Rp.7000 – Rp.30.000/hari untuk bermain internet. Dan anehnya
kegiatan tersebut didukung oleh para orang tua. Pergeseran orientasi penggunaan
internet tersebut belum ditangkap oleh para orang tua, sehingga setiap anaknya
meminta uang berapapun untuk bermain internet selalu diberikan. Padahal yang
terjadi adalah tidak ada unsur pendidikan apapun yang bisa didapatkan dari
bermain game dan chatting. Memang tidak semua pelajar hanya menggunakan
internet untuk bermain game dan chatting. Memang di antara mereka juga
menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang melakukan hal
itu jumlahnya tidaklah banyak. Game dan chatting bisa membawa effect
“kecanduan”. Dan apabila sudah kecanduan tentu effect sampingnya akan membuat anak
menjadi malas belajar, malas mengaji dan setiap ada kesempatan selalu berusaha
untuk bermain game dan chatting. Dampak negatif bermain game hampir sama dengan
dampak permainan Play Station dimana seseorang yang sudah kecanduan akan betah
seharian bermain dan bahkan lupa makan, lupa minum dan lupa kalau hari esok
masih ada. Sedangkan effect bermain game mungkin bisa digambarkan dengan
permainan interkom yang marak sekitar 20 tahun yang lalu. Dimana hampir semua
orang “lupa daratan” dan setiap hari kerjanya hanya bermain intercom (jika
sudah memegang mic maka orang cenderung akan malas berangkat sekolah, malas
berangkat kerja, malas membatu orang tua, malas untuk mengaji malas makan,
malas minum dan sebagainya). Begitu juga dengan chatting.. para pelajar yang
melakukan kegiatan ini menganggap waktu 5 jam sama dengan 10 menit. Dan mereka
cenderung memanfaatkan chatting untuk sekedar ngobrol kesana-kemari dengan
teman kencannya di internet dan bahkan tidak menutup kemungkinan juga mengarah
kepada pembicaraan yang porno. Effect permainan game dan chatting ini justru
lebih berbahaya dari kekhawatiran kita sekitar 5 tahun lalu tentang maraknya
situs-situs porno. Karena berdasarkan pengamatan, ternyata situs porno hanya
berefek pada euforia dan dalam waktu singkat mereka sudah akan bosan. Namun
effect game dan chatting adalah “Effect Candu” yang bisa membuat penggunanya
menjadi ketagihan dan ini yang sangat berbahaya bagi dunia pendidikan kita.
Beberapa kejadian di Indonesia menunjukan ada kasus perkosaan oleh teman chatting,
penipuan oleh teman chatting.
Sebagai bagian dari Teknologi Informasi, internet
memang ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi, teknologi ini bisa bermanfaat
apabila digunakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, seperti:
mencari bahan-bahan pelajaran sekolah, diskusi mata pelajaran, mencari program
beasiswa, konsultasi dengan pakar, belajar jarak jauh, dan mencari
metode-metode pengajaran berbasis multimedia. Namun sayangnya penggunaan
internet justru malah bergeser kepada hal-hal yang negatif dan ini harus
menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat. Karena bagaimanapun kita tetap
membutuhkan internet sebagai sarana informasi dan komunikasi yang bersifat
global, namun disisi lain kitapun juga harus siap untuk melakukan antisipasi untuk
mengatasi dampak-dampak negatifnya. Dan inilah persoalan bersama kita.
Mumpung semua ini masih berbentuk gejala, alangkah
baiknya pemerintah, DPRD, dunia pendidikan, pengamat “IT” dan para pengamat
sosial kemasyarakatan duduk bersama untuk membahas dan mencari solusi untuk
mengatasinya. “Virus” yang membuat mereka “kecanduan” dan “virus” yang bisa
menjebak mereka kedalam sebuah permasalahan. Yang paling penting adalah
bagaimana kita mengemas teknologi ini agar mempunyai muatan pendidikan namun
tetap menarik untuk dikunjungi oleh para pelajar sebagai pengguna internet
(netter) mayoritas pada saat ini. Namun tetap semua akan dikembalikan lagi
kepada para netter, karena dampak positif maupun negatif dari internet
bergantung dari niat pemakainya.
DAMPAK POSITIF INTERNET
Internet, sebagai teknologi ciptaan manusia, pasti
memiliki pengaruh positif terhadap prestasi siswa di sekolah, berikut ini
adalah beberapa contohnya. Bisa Membuat orang semakin eksis.
Internet memberikan segala informasi pendidikan yang
sangat banyak dan luas, hal ini tentu sangat berguna bagi para siswa dalam
menunjang proses belajar mereka.
- Internet membuat proses belajar menjadi lebih cepat, hal ini dikarenakan internet sangat mudah digunakan dan didukung oleh banyaknya search engine (mesin pencari) seperti Google untuk mencari informasi. Siswa tinggal membuka mesin pencari, memasukkan kata kunci yang diinginkan, lalu munculah segala informasi yang dibutuhkan.
- Dengan banyaknya informasi yang tersedia di internet dan kemudahan untuk mendapatkannya, siswa cenderung untuk terus belajar dan mencari segala macam info di dunia maya ini. Hal tersebut adalah salah satu pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa dari segi positif.
- Tak seperti buku, internet menyuguhkan informasi dengan cara yang lebih menarik. Misalnya, bila ada gambar pada suatu artikel, gambar tersebut kadang bergerak (animasi), hal ini tentu lebih menarik dan membuat otak siswa tidak jenuh.
- Tak hanya soal pendidikan, internet juga menyuguhkan jejaring sosial yang berguna untuk melatih siswa agar lebih baik dalam bersosialisasi, baik dengan orang-orang yang sudah dikenal maupun dengan orang asing.
- Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
- Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
- Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
- Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
- Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
- Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak negatif Internet
Internet diciptakan untuk memudahkan kehidupan
manusia, tapi bagaimanapun juga, internet memiliki sisi negatif yang tak bisa
dihindari oleh siapapun, khususnya para siswa sekolah. Siswa sekolah adalah
anak berusia muda, usia seperti ini umumnya labil dan cenderung ingin tahu.
Berikut beberapa contoh pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa dari
segi negatif.
- Banyaknya situs hiburan seperti situs musik atau film, akan membuat siswa terlena dan lupa waktu. Situs-situs seperti ini boleh dikonsumsi sebagai hiburan untuk membuat otak tidak jenuh, tapi kalau sampai lupa waku belajar tentu prestasi siswa juga akan menurun.
- Saat ini banyak sekali situs jejaring sosial yang dikenal oleh para siswa sekolah, hal ini bisa menyebabkan siswa lupa waktu dan sibuk mencari hiburan lewat jejaring sosial.
Tak hanya itu, jejaring sosial yang seharusnya bisa
meningkatkan sosialisasi para siswa, kadang malah menjauhkan siswa dari
teman-teman sekitar. Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman-teman di dunia
maya daripada teman di sekitar mereka. Hal ini bisa berdampak buruk, karena
umumnya yang dibicarakan dengan teman di dunia maya bukanlah hal-hal yang
berhubungan dengan pendidikan. Ini menjadi salah satu pengaruh internet terhadap
prestasi belajar siswa secara negatif karena siswa menjadi lupa belajar.
- Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan
pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang
dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para
produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih
jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar
pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang
untuk bertindak kriminal.
- Violence and Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.
- Penipuan. Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
- Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
- Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
- Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
- Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
- Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
- REDIRECT Nama halaman tujuan
Manfaat Internet
Selain itu, internet juga
memiliki manfaat, antara lain:
- Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
- Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.
- Mempermudah penjelasan konsep. Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
- Pembelajaran lebih konseptual dan up to date (aktual).
- Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan. Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan.
- Sebagai perpustakaan elektronik.
- Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.
- Gudang Informasi
Dengan adanya Internet, dunia ilmu pengetahuan semakin
terbuka bagi kita, penyebaran informasipun semakin cepat, segala informasi di
belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya
sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Ini semua
dimungkinkan dengan adanya fasilitas Searh Engines, atau mesin pencari dalam
dunia Internet, yang artinya adalah pencarian segala informasi yang kita
perlukan, yang bisa saja berupa data, file, gambar, musik, maupun film. Search
engine adalah suatu Web khusus yang menyediakan pelayanan untuk mengorganisasi,
menyusun Index berdasarkan kategori, dari beberapa Website yang telah
mendaftarkan site-nya, serta memberikan rate berdasar dari seringnya site
tersebut dikunjungi. Hal tersebut akan sangat membantu kita untuk menemukan
halaman web yang kita butuhkan, cukup hanya dengan mengetikkan kata kunci pada
form yang telah disediakan. Search engine yang biasanya digunakan adalah http://www.yahoo.com, http://www.msn.com, dan http://www.yahoo.com
- Berbelanja Online
Berbelanja dan membeli sesuatu secara instan, saat ini
sangat mungkin dilakukan di Internet karena sekarang telah banyak halaman-halaman
Web yang ditujukan untuk aktivitas ini, ibarat toko-toko on-line di Internet.
Kita tinggal memilih produk atau jasa yang tersedia dan membayarnya secara
on-line via kartu kredit, dan esoknya produk atau jasa tersebut sudah dapat
hadir di depan pintu rumah kita. Ada beberapa sites yang layak dicoba untuk
memulai belanja secara on-line, antara lain adalah :
http://www.fastncheap.com yang menyediakan layanan pembelian komputer secara Online
http://www.glodokshop.com yang menyediakan layanan pembelian komputer secara Online
http://www.bekas.com§ yang
menyediakan layanan pengiklanan penjualan barang-barang, mulai dari rumah
hingga Komputer.
http://plaza.msn.com yang menyediakan layanan belanja on-line untuk buku-buku, cassette, CD dan
VCD, pakaian dan asesorisnya, komputer dan barang-barang elektronik, dan
sebagainya.
http://www.amazon.com§ yang menyediakan
pembelian buku secara online.
- Berita-berita
Sekarang tidak lagi membutuhkan waktu menunggu hingga
pagi, hanya untuk membaca berita, banyak sudah halaman-halaman Web yang
menyediakan berita-berita dunia secara up-to-date dan selalu diperbaharui dari
waktu ke waktu sesuai perkembangan berita yang ada. Berita-berita yang tersaji
dalam halaman-halaman Web tersebut pun terbilang lengkap, mulai dari
berit-berita olahraga, politik, keuangan, cuaca dan sebagainya. Site-site
menarik tersebut antara lain :
http://www.detik.com, Web Site berita yang mengupdate beritanya setiap beberapa menit,
menyajikan berita-berita aktual ditanah air.
http://www.jawapos.co.id, Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.
http://www.kompas.com, Merupakan Official website dari koran Jawa Pos.
MSNBC http://www.msnbc.com, Sebagai salah satu site terpopuler
tentang berita-berita diseluruh dunia.
Untuk mengetahui berita cuaca seluruh dunia, kita
dapat membuka site The Weather Channel (http://www.weather.com), disamping berita tentang cuaca
dunia, disini pun dapat memperoleh peta-peta khusus daerah atau negara AS.
SPN Sportszone (htttp://espn.sportszone.com) yang
menyajikan berita seputaran olah raga di seluruh dunia, lengkap dengan
score-score yang up to date untuk pertandingan sepak bola dunia.
- Perpustakaan
Selain hal-hal tersebut diatas, Internet juga
menyediakan fasilitas Perpustaakan Online, yang berupa kumpulan-kumpulan Web
sites dari perpustakaan kelas dunia. Dalam Site ini kita dapat memperoleh
buku-buku yang dapat kita baca secara online maupun offline (setelah kita
download terlebih dulu) secara gratis, buku-buku tersebut mulai dari
ensiklopedia, Novel, Iptek, dan sebagainya. Tentunya tidak semua buku yang kita
inginkan tersedia secara gratis, ada beberapa yang harus kita beli secara
online yang biasanya transaksi tersebut dalam bentuk transaksi kartu kredit.
- Pendidikan
Salah satu website yang ada di Internet yang dapat
membantu kita mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan kita adalah Website
yang mengkhususkan pada Informasi seputar Pendidikan. Salah satunya adalah
website dengan alamat: www.apasich.com. Website ini bermuatan lokal dan
mencakup seluruh informasi, data serta statistik yang sangat dibutuhkan dalam
perkembangan dunia Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan di Tanah Air kita.
- Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
- Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.
- Mempermudah penjelasan konsep. Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
- Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan. Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan.
- Sebagai perpustakaan elektronik.
- Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.
Pengertian Intranet
Intranet adalah Jaringan Komputer yang khusus untuk
penggunaan pada lingkungan di dalam batasan suatu Organisasi. Dilihat dari
sudut teknisinya, Intranet didefinisikan sebagai penggunaan teknologi Internet
dan WWW (World Wide Web) di dalam sebuah jaringan komputer lokal (LAN). Local
Area Network (LAN) adalah sekumpulan komputer-komputer yang saling dihubungkan
pada suatu daerah atau lokasi tertentu. Intranet memaksimalkan penggunaan LAN
tersebut dengan menambahi kemampuan-kemampuan Internet kedalamnya
·
MANFAAT
INTRANET
Perusahaan dapat mengatasi masalah utama yaitu tentang
penyebaran informasi antar sesama karyawan dengan cara yang cepat, mudah dan
efekktif. Tidak terikat oleh Program atau perangkat keras tertentu. Intranet
dapat langsung ditaruh pada halaman Intranet perusahaan, dan setiap karyawan
dapat langsung dapat membacanya di layar komputernya. Perusahaan dapat melihat
langsung dan cepat jika ada perubahan-perubahan yang terjadi. Dengan penyebaran
informasi ini, dapat dimanfaatkan untuk mendidik dan melatih para pegawai
perusahaan. Halaman intranet dapat di isi dengan petunjuk cara bekerja pada
setiap divisi, panduan penggunaan suatu alat (komputer misalnya), serta daftar
istilah teknis yang mungkin perlu dipahami oleh para karyawan. Halaman intranet
juga bisa digunakan untuk meminta umpan balik atau saran dan kritik dari
karyawan, menyebarkan berita intern perusahaan (dalam bentuk buletin), dan
sebagainya. Masalah pengiriman berita dapat dilakukan dengan mudah melalui
intranet. Antara sesama karyawan dapat mengirimkan memo ke rekan kerja yang
lain tanpa harus meninggalkan mejanya. Dengan fasilitas e_mail . Intranet dapat
mengirimkan pesan dengan mudah dan dapat digunakan untuk menyebarkan dokumen,
file atau program. Setiap karyawan bisa mengirimkan beberapa dokumen melalui
komputer dengan demikian tidak perlu untuk mencetak dokumen itu. Administrator
network bisa menaruh file-file program yang bisa digunakan oleh karyawan pada
suatu folder bersama, sehingga dapat di-download oleh yang memerlukannya. Para
pegawai atau departemen yang ingin " mengiklankan diri " juga bisa
melakukannya melalui Intranet.
·
PENGGUNAAN
INTRANET DALAM PERUSAHAAN
Beberapa
perusahaan yang telah memanfaatkan teknologi intranet sebagian besar
menggunakannya untuk :
· Mengakses Prosedur dan Manual
· Mengakses
Data-data penting
·
Mengirimkan Halaman Web Pribadi
·
Mengirimkan Lamaran Pekerjaan Internal
· Memeriksa
dan menyetujui dokemen
· Mengakses
Informasi Pegawai
· Membuat
Jadwal
· Mengakses
DataBase
Beberapa keistimewaan yang bisa
diberikan oleh intranet untuk perusahaan diantaranya adalah :
·
Dapat
mengakses informasi terbaru perusahaan dengan cepat dan mudah
·
Saling
berkomunikasi antar karyawan, tidak peduli dengan lokasi fisik tempat karyawan
tersebut berada
·
Dapat
berkolaborasi mengerjakan satu dokumen bersama-sama dari komputernya
masing-masing
·
Dapat
mengirim e_mail dan dokumen ke yang lainnya
·
Melakukan
rapat dari komputernya masing-masing tanpa harus meninggalkan tempat kerja
·
Berkonferensi
audio dan video melalui komputer, dan sebagainya
·
PERANGKAT
KERAS INTRANET
Intranet sebenarnya adalah sebuah jaringan komputer
lokal (LAN) yang diberikan teknologi internet atau World Wide Web. Untuk
membangun Intranet, LAN (Local Area Network) harus memiliki sebuah jaringan
komputer lokal terlebih dahulu. LAN ( Local Area Network) atau jaringan
komputer lokal terdiri dari beberapa komputer, dimana saling terhubung di dalam
satu lokaksi. Semua komputer di dalam LAN dapat saling berhubungan dan
mengakses sumbber-sumber daya yang ada pada komputer yang lain. Sumber daya
(resource) yang dimaksud disini bisa berupa data pada server, data pada
komputer lain, printer, periferal lain, dan sebagainya.
2. CLIENT - SERVER
Komputer server dapat didefinisikan sebagai komputer
pusat yang memberikan suatu data atau dokumen , sedangkan komputer yang meminta
dokumen disebut sebut sebagai client. Komputer client biasanya berupa PC biasa
dan digunakan oleh pemakai atau pegawai perusahaan untuk meminta informasi dari
server, sedangkan komputer server di guakan untuk menyimpan data dan program
serta menyediakan pelayanan nentwork kepada client. Jika kedua komputer ini di
satukan, maka akan didapat sebuah model jaringan komputer client server.
3. KOMPONEN LAN
Komponen
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun INTRANET
· Komputer
Server
· Komputer
Workstation
· Adapter
NetWork atau NetWork Interface Card
· Kabel
SERVER
Server
adalah komputer pusat yang mengendalikan seluruh aktivitas jaringan komputer.
Juga digunakan sebagai penyimpanan pusat data / program yang dapat diakses oleh
komputer client.
WORKSTATION
Workstation
adalah komputer yang di gunakan oleh setiap orang untuk mengakses komputer
pusat tetapi pada lingkungan networking yang ada sekarang ini. Istilah
workstation juga sering dipertukarkan dengan istilah client yang lebih cocok
dengan model networking client-server. Workstaton tidak dapat menjalankan tugas
pemrosesan, tugas pemrosesan seluruhnya dilakukan oleh server sehingga beban
pemrosesan dan lalu lintas network terpusat pada server tersebut. Cara ini
dapat dilakukan apabila lalu lintas data tidak terlalu padat dan server mampu
menangani seluruh tugas pemrosesan yang diminta oleh setiap client (Workstation).
NIC (NETWORK INTERFACE CARD )
Network
Interface Card (NIC) atau sering juga disebut dengan adapter card adalah sebuah
kartu elektronik yang dipasang pada semua komputer yang ingin dihubungkan pada
suatu network (termasuk komputer server dan client ). Kartu NIC inilah yang
berfungsi menghubungkan komputer-komputer pada suatu LAN dan mengizinkan semua
komputer tersebut dapat saling berkomunikasi.
KABEL NETWORK
Kabel di
sini berfungsi menghubungkan antara NIC-NIC yang di pasang pada setiap komputer.
Kabel yang dapat digunakan untuk menghubungkan network ada bermacam-macam,
bergantung pada kebutuhan dan kecepatan yang anda inginkan
Jenis- jenis
kabel yang digunakan untuk network diantaranya adalah :
· Kabel Twisted pair dibagi menjadi dua :
· Shielded
twisted pair ( STP)
· Unshielded
twisted pair (UTP)
· Kabel
koaksial
· Kabel
serat optik
KOMPONEN PERANGKAT LUNAK INTRANET
Komponen-komponen
perangkat lunak yang dibutuhkan oleh jaringan intranet
· Sistem Operasi Network
· Web Server
· Web
Browser
· File HTML
· File
Pendukung
Sistem
Operasi network adalah sebuah program yang mengendalikan dan mengatur lalu
lintas suatu network serta menyediakan pelayanan kepada komputer-komputer yang
terdapat pada network tersebut. Sistem Operasi network sangatlah penting,
karena ia dalah inti dari suatu network itu sendiri.salah satu kelebihan
Teknologi Internet adalah dapat menggabungkan komponen-komponen apa saja yang
anda sukai, tanpa harus terikkat oleh sistem operasi atau program tertentu.
Jenis- jenis sistem operasi network yang paling sering digunakan untuk intranet
diantaranya adalah :
1
Window NT
2
Unix
3
Novell
Netware
Web server
adalah sebuah program yang dijalankan pada komputer server, yang bertugas
menyediakan jasa pelayanan intranet kepada komputer-komputer yang terhubung ke
server. Server juga berfungsi menyimpan program dan file-file intranet yang
dibutuhkan oleh semua komputer yang terhubung kepadanya. Setiap kali ada
permintaan dari komputer Client, program web server akan mencari file yang
diminta pada hard disk server, lalu memberikannya kepada client yang
memintanya.
Bebarapa
dari web server yang paling benyak digunakan diantaranya adalah :
· Microsoft Internet Information Server
· Netscape
FastTrack Server & Enterprise Server
· Apache
· Internet
Ware
· Lotus
Domino
Web Browser
atau sering disingkat dengan browser adalah program yang dijalankan pada
komputer client, yang digunakan untuk mengakses dan melihat halaman intranet
yang terdapat pada server. Yang paling banyak digunakan adalah Netscape
Navigator dan Microsoft Internet Explorer.
Inti dari
intranet adalah halaman-halaman intranet yang bisa diakses oleh setiap orang
pada perusahaan. Halaman tersebut sebenarnya adalah file teks biasa yang
diformat dengan " kode- kode " tertentu dan disimpan dalam ektensi
HTM atau HTML. File-File HTML untuk intranet biasanya disimpan pada server,
sehingga dapat diakses oleh semua komputer client yang ingin membuka halaman
intranet. File HTML ini hanya dapat ditampilkkan dengan program browser yang
terdapat pada client.
File-file
pendukung di sini adalah file-file yang dibutuhkan oleh file HTML untuk
menampilkan halaman intranet.
Contoh file-file pendukung :
·
File Gambar
·
File
multimedia (suara, animasi, video)
·
File program
JavaScript, dan sebagainya.
File-file penunjang ini (sama seperti HTML) juga disimpan pada hard disk komputer server, sehingga bisa diakses oleh semua komputer client yang terhubung ke jaringan intranet.
Situs Search
Engine ini memudahkan pemakai untuk mencari informasi yang diinginkan dengan
mudah dan cepat, tanpa harus menjelajahi situs-situs Web yang jumlahnya mungkin
ribuan. Sarana yang sama juga bisa diterapkan pada internet. Search engine bisa
memudahkan pegawai mencari suatu informasi yang diinginkan dengan cepat, tanpa
harus mengetahui alamat halaman-halaman intranet tertentu.
Cara Kerja Search Engine
Search
Engine pada dasarnya adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk
mencari informasi pada web (internet atau intranet).
Search
engine memiliki dua buah komponen :
1. Komponen pencari / pengumpul data
2. Komponen
pencocok data
Kata Kunci (Keyword)
Untuk dapat
menggunakan search engine, semua dokumen HTML anda yang di gunakan sebagai
halaman-halaman intranet harus disertai dengan kata kunci. Kata kunci (Keyword)
adalah string yang digunakan oleh program pencarian (Search engine) untuk
mecari informasi pada halaman-halaman intranet. String ini dapat berupa huruf,
kata, kalimat, atau angka . jika anda memasukkan kata kunci ini pada search
engine, program search engine lalu akan mencari kata kunci tersebut pada semua
dokumen HTML yang terdapat pada situs intranet anda.
Apabila proses pencarian sudah selesai, semua halaman
intranet (dokumen HTML) yang mengandung kata kunci tersebut akan ditampilkan
sebagai list pada browser. Untuk menentukan kata kunci ini, anda bisa
melakukannya langsung pada dokumen HsTML atau dengan menggunakan perintah Page
Propertis yang biasanya terdapat pada programa uthoring.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar